Posted by: homelivingdesign | December 17, 2009

Budget Estimation for Interior Project

Deal HLDers,

Sering sekali muncul dalam benak kita adalah pertanyaan, ” berapa duit ya, yang diperlukan untuk renovasi ini…atau bakalan habis berapa ya… untuk pembangunan ini…?” estimasi biaya sebelum pelaksanaan renovasi ataupun pembangunan suatu interior ruangan memang sangat dibutuhkan.

Untuk memudahkan kita dalam menghitung biaya yang akan dibutuhkan, ada baiknya kita membagi pekerjaan tersebut berdasarkan item pekerjaannya, antara lain :

  1. Persiapan
  2. Pekerjaan Ceiling
  3. Pekerjaan Lantai
  4. Pekerjaan Dinding
  5. Pekerjaan Furniture

Pekerjaan Persiapan

Mencakup segala hal yang berhubungan dengan  persiapan dari pekerjaan renovasi/pembangunan, contohnya antara lain: Pengadaan Listrik dan air, Pengadaan listrik untuk pekerjaan di malam hari atau di area yang tidak cukup penerangannya, Pengadaan gudang untuk material, Proteksi untuk area yang akan dilewati akibat renovasi/pembangunan ini dan masih banyak lagi disesuaikan dengan kebutuhan dari Lingkup pekerjaannya.

Pekerjaan Ceiling

Pekerjaan ceiling mencakup pekerjaan yang berkaitan dengan ceiling/plafon, sekarang ini desain dan material finishing ceiling sangat bervariasi, desain ceiling sekarang ini tidak hanya flat (rata) tapi mulai muncul desain dengan drop ceiling, up ceiling, dome, dan bentuk lainnya. Sementara itu material yang dapat digunakan sekarang ini adalah  gypsum, accustic panel, kayu panel sampai penggunaan fabric. Namun material yang umum digunakan adalah  gypsum board 9mm, dengan rangka hollow.

Gypsum board

Pada penggunaan Gypsum board untuk permukaan yang rata perhitungannya adalah secara meter per segi, sementara untuk Drop & Up ceiling adalah secara meter lari, dan untuk dome perhitungannya secara unit, karena berdasarkan desain, sehingga tiap desain berbeda harganya.

Biaya-biaya lain yang harus dipertimbangkan juga adalah biaya pelubangan untuk titik lampu, grill AC, dan lubang sirkulasi manusia(manhole) ke ceiling.

Pekerjaan Lantai

untuk pekerjaan lantai estimasi biaya paling besar berada pada Jenis material lantai yang akan dipakai, Untuk memudahkan dapat dibuat dulu list area yang akan dipasang material.

Pada umumnya area yg biasanya dipasang material lantai adalah Carport, teras depan & belakang dan ruang didalam bangunan yang terdiri dari area kering (ruang tamu,ruang keluarga,ruang makan,dapur) dan area basah (kamar mandi & ruang cuci).

Untuk carport, pada umumnya digunakan material beton sikat, keramik permukaan kasar atau coneblock. Untuk teras depan & belakang dan juga ruang semi publik (ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, kamar mandi & dapur) dapat digunakan marmer, granite atau keramik. Sementara untuk kamar tidur, sekarang ini selain menggunakan material keramik, banyak juga yang mengunakan material parquet, sehingga memunculkan kesan hangat didalam ruangan.

Biaya tambahan lainnya adalah bahan grouting untuk nad-nya, semen+pasir dan biaya tukang pasang.

Pekerjaan Dinding

Untuk pekerjaan dinding, biaya yang menjadi pertimbangan adalah keberadaan dinding itu sendiri sudah berdiri atau belum, jika belum berarti ada item pekerjaan pemasangan dinding bata/celcon, plester dan aci. Jika sudah berdiri dinding-nya maka dapat masuk ketahap finishing dinding, dimana dapat difinishing dengan cat dinding, wallpaper, padded wall with fabric atau dengan wood/HPL panel.

Pastikan kondisi permukaan dinding rata, sehingga material dapat langsung diaplikasikan pada permukaan dinding. Untuk pekerjaan dinding biaya tambahan lainnya diluar material  adalah biaya tukang yang mengaplikasikan material finishing, biaya-nya bervariatif tergantung material yang dipakai.

Pekerjaan Furniture

Untuk pekerjaan Furniture, ada baiknya dilakukan study untuk kebutuhan & style dari furniture yang akan diterapkan di ruangan kita.Setelah kita sudah mendapatkan kebutuhan & style dari furniture tersebut, kita dapat mengisi Ruangan dengan  melakukan hunting produk di Furniture showroom dan di pameran furniture atau membuat-nya secara custom dengan mendisain sendiri atau mencontoh dari majalah.

Ada beberapa tips dalam pekerjaan Furniture jika ingin membuat-nya secara custom :

1. Selalu siapkan gambar kerja untuk dikerjakan workshop.

2.Tentukan material secara jelas sebelum gambar kerja masuk ke workshop.

3. Lakukan pengawasan secara berkala untuk menghindari kesalahan dan ketidaksesuain desain dengan pelaksanaan.

Itulah tips-tips yang sebaiknya diperhatikan untuk memudahkan kita dalam menghitung biaya jika ingin melakukan renovasi pada interior rumah/kantor kita.

Jika ada pertanyaan silahkan hubungi kami di keykeest@gmail.com

Have a excited renovation…^_^


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: